Rabu, 02 Januari 2013

Negara Bagian Iowa

Iowa adalah sebuah negara yang terletak di Amerika Serikat Midwestern, suatu daerah sering disebut sebagai "American Heartland". Iowa adalah bagian dari koloni Perancis Perancis Baru. Setelah Pembelian Louisiana, pemukim meletakkan dasar bagi ekonomi berbasis pertanian di jantung Corn Belt Iowa sering dikenal sebagai "Ibukota Pangan Dunia".

Dalam paruh kedua abad ke-20, ekonomi pertanian Iowa beralih ke ekonomi diversifikasi manufaktur maju, pengolahan, jasa keuangan, bioteknologi, dan produksi energi hijau. Iowa adalah 26 paling luas dan 30 yang paling padat penduduknya dari 50 Amerika Serikat. Modal dan kota terbesar adalah Des Moines. Iowa telah terdaftar sebagai salah satu negara teraman di mana untuk hidup.

Iowa berbatasan dengan Sungai Mississippi di sebelah timur, Sungai Missouri dan Big Sioux Sungai di sebelah barat,. Batas utara adalah garis sepanjang 43 derajat, 30 menit lintang utara. Perbatasan selatan adalah Des Moines Sungai dan garis tidak-cukup-lurus sepanjang sekitar 40 derajat 35 menit utara, sebagaimana diputuskan oleh Mahkamah Agung AS di Missouri v Iowa setelah kebuntuan antara Missouri dan Iowa dikenal sebagai Perang Madu.

Iowa adalah satu-satunya negara yang timur dan barat perbatasan dibentuk sepenuhnya oleh sungai.

Iowa memiliki 99 kabupaten, namun 100 kabupaten kursi karena Lee County memiliki dua. Ibukota negara, Des Moines, terletak di Polk County.

Geologi batuan dasar Iowa umumnya meningkat di usia dari barat ke timur. Di barat laut Iowa, batuan dasar Cretaceous dapat 74 juta tahun, di timur tanggal batuan dasar Cambrian Iowa untuk ca. 500 juta tahun yang lalu.

Iowa adalah umumnya tidak datar, sebagian besar negara terdiri dari bukit-bukit. Sebelum membagi Iowa menjadi delapan bentuk lahan didasarkan pada glaciation, tanah, topografi, dan daerah aliran sungai. Bukit Loess terletak di sepanjang perbatasan barat negara, beberapa di antaranya beberapa ratus kaki tebal. Di timur laut, di sepanjang Sungai Mississippi, merupakan bagian dari Zona Driftless, yang di Iowa terdiri dari bukit-bukit curam dan lembah yang muncul hampir pegunungan.

Ada danau alami beberapa negara, terutama Spirit Lake, Danau Okoboji Barat, dan Timur Danau Okoboji di barat laut Iowa (lihat Iowa Great Lakes). Di sebelah timur terletak Clear Lake. Buatan danau mencakup Danau Odessa, Danau Saylorville, Lake Red Rock, Coralville Lake, Danau MacBride, dan Rathbun Lake. Bagian barat laut dari negara juga mengandung sejumlah besar sisa-sisa lahan basah sekali umum seperti Barringer Slough.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar